Home » » RIWAYAT NUR MUHAMMAD

RIWAYAT NUR MUHAMMAD

Riwayat Nur Muhammad datang berkunjung kepada empat unsur, yaitu ; Air, Api, Angin dan Tanah atas titah Allah Yang Maha Esa.
Pertama-tama Nur Muhammad datang mengunjungi angin, dikala itu dilihat angin sedang bermegah-megah bertiup berputar-putar. Setelah mendengar Nur Muhammad memberi salam lalu berhenti dan membalas salamnya.
Kata  Nur  Muhammad :  "Hai  angin,  jika engkau sadar  dan mengetahui  kadar  derajat dirimu,  niscaya  engkau  bermegah-megah  secara  demikian  itu.  Tahukah  engkau  kerendahan dirimu?"
Jawab angin dengan rasa terkejut : "Tidak, aku merasa puas dengan diriku."
Kata Nur Muhammad : "Tahukah engkau hai angin, meskipun engkau mempunyai tenaga  yang cukup besar dan mempunyai kekuatan yang luar biasa, akan tetapi engkau pada suatu ketika akan dapat di perintah oleh manusia dan engkau akan melayani kehendak manusia."
Kata  angin  :  "Jika  begitu,  engkaulah  makhluk  yang  tidak  cacat  celanya  mempunyai martabat yang tinggi."
Kata Nur Muhammad :  "Tidak hai  angin, aku adalah makhluk Tuhan yang tidak sunyi dari pada kesalahan. Hanya Allah Tuhan Maha Suci dari pada sifat kerendahan dan kekurangan."
Kemudian Nur Muhammad pergi mengunjungi api. Dilihat api sedang berkobar menyala -nyala  dengan dahsyatnya.  Maka  setelah mendengar  Nur  Muhammad mengucap salam,  lalu berhenti dan menjawab salamnya.
Kata Nur Muhammad :  "Mengapa engkau membanggakan dirimu dengan kekuatanmu, apakah engkau tidak tahu, bahwa suatu ketika kekuatanmu yang begitu luar biasa dan tenagamu yang begitu dahsyat akan digunakan untuk keperluan manusia?"
Mendengar kata Nur Muhammad demikian, terkejutlah api karena ada lagi makhluk yang lebih kuat lagi dari padanya.
Kata Api kemudian : "Kalau begitu, beruntunglah engkau. Rupanya engkau makhluk yang mulia di sisi Tuhan."
Kata Nur Muhammad : "Tidak, aku adalah makhluk ciptaan Tuhan. Hanya Dia-lah Yang Maha Mulia dan Maha Besar yang patut mendapat pujian dari Makhluk-Nya."
Kemudian Nur Muhammad datang mengunjungi Air,  dilihatnya air sedang memuaskan dirinya  diperlihatkan tenaganya  dan kekuatannya.  Mendengar  Nur  Muhammad mengucapkan salam lalu berhenti dan membalas salamnya.
Kata Nur Muhammad : "Hai air, tahukah engkau akan kekurangan dirimu?"
"Tidak" jawab air dengan terkejut.
Kata Nur Muhammad : "Tahukah engkau pada suatu ketika, pada saat yang lama, engkau  akan digunakan tenagamu untuk kepentingan hidup manusia."
Kata Air : "Jika demikian, Engkaulah makhluk yang mulia."
Jawab Nur Muhammad :  "Tidak, aku tidak lebih hanya sebagai  makhluk Allah. Hanya  Allah-lah yang patut menerima pujian dan sanjungan dari makhluknya."
Kemudian Nur Muhammad pergi mengunjungi bumi. Dilihatnya bumi tenang-tenang saja  tidak  nampak  sifat  sombong  dan  congkak.  Ia  membalas  salam dengan  hormat  ketika  Nur Muhammad mengucap salam.
Kata Nur Muhammad : "Akulah Nur Muhammad yang kelak akan menjadi kekasih Tuhan Rabbul 'Alamiin. Diantara keempat  unsur makhluk Tuhan, hanya engkaulah yang mempunyai  sifat Tawaddhu' merendahkan diri."
Kemudian Nur Muhammad kembali ke hadirat Tuhan melaporkan kunjungannya kepada ke empat unsur makhluk Tuhan itu.
Kata  Tuhan  :  "Semuanya  sudah  aku  ketahui.  Oleh  karena  itu  aku  bermaksud  akan menjadikan tubuh Adam dari tanah dan aku campurkan pula tiga macam unsur itu. Yaitu : air, angin dan api."
Demikian riwayat Nur Muhammad.